Minggu, 05 Juli 2009

Cara Cerdas Belanja Online

Belanja online sudah menjadi tren baru. Selain karena hemat waktu dan tenaga, harga produk yang dijual di toko online juga relatif murah dan banyak diskon. Namun, keamanan belanja secara online juga harus kita perhatikan. Jangan terburu nafsu belanja dan melupakan poin-poin penting seperti reputasi toko online dan keamanan identitas kita. Nicka mau sharing beberapa cara cerdas belanja online.

Pertama, cari tahu sebanyak mungkin reputasi toko online yang kita kunjungi. Kita bisa menggunakan mesin pencari. Cari testimoni dari konsumen toko tersebut.

Kedua, cek alamat dan nomor telepon toko online tersebut. Jangan membeli di toko online yang alamatnya tidak jelas atau nomor teleponnya tidak bisa dihubungi, karena jika terjadi sesuatu pada pesanan kita, kita akan kesulitan untuk melakukan komplain.

Ketiga, yang sering diabaikan oleh para konsumen toko online adalah kebijakan toko online tersebut. Hal ini terkait juga dengan data yang akan kita berikan misal nomor rekening atau email. Jangan sampai data-data kita bisa diberikan kepada pihak ketiga oleh pengelola toko online tersebut. Pertimbangkan juga kebijakan mengenai cara pembayaran dan garansi terhadap kerusakan

Keempat, teliti sebelum membeli barang yang berharga murah. Apalagi di toko online yang notabene kita tidak bisa melihat dan memeriksa produk yang akan kita beli secara langsung. Gunakan saja logika, misal ada barang bermerek dan harganya sangat murah, maka mungkin kualitas barang tersebut kurang baik. Lebih baik lagi bila meluangkan waktu untuk membandingkan harga dengan produk sejenis yang ditawarkan toko online lainnya.

Kelima, simpan bukti transaksi yang ada. Biasanya kita mendapat konfirmasi pemesanan dan pembayaran produk via email. Jika kita melakukan pembayaran secara transfer bank (biasanya untuk toko online lokal), simpan juga bukti tranfer tersebut, paling tidak sampai barang kita terima secara lengkap.

Selamat berbelanja di toko online




Tidak ada komentar: